5 Persiapan Bisnis Laundry Pemula

5 Persiapan Bisnis Laundry – Salah satu bisnis yang memiliki peluang yang sangat besar adalah bisnis laundry. Bisnis ini memiliki banyak pelaku dimasyarakat, mulai dari pelaku laundry rumahan, ruko, hingga korporat sudah bermain dalam bisnis ini.

Namun jangan khawatir, semua segmen diatas sudah mempunyai pasar masing-masing, penyesuaian dengan kebutuhan dan budget konsumen.

Pada artikel kali ini, LAUNDRIER akan membahas tentang bagaimana memulai bisnis laundry agar terus berkembang dan meraup untung banyak.

Persiapan Bisnis Laundry

1. Belajar cara mencuci

Walaupun kamu menggunakan mesin cuci, tetap harus mempelajari teknik-teknik pencucian. Pakaian memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, maka treatment yang digunakan akan berbeda untuk bahan tertentu.

Jika ada dana lebih, bisa digunakan untuk ikut pelatihan-pelatihan bisnis laundry atau kamu bisa mengajukan diri untuk magang/belajar di tempat usaha laundry terdekat.

Mempelajari teknik cuci macam-macam jenis kain dan bentuk pakaian merupakan hal penting, agar tidak terjadi kesalahan dalam mencuci, seperti baju kelunturan, robek, dan kendur/molor.

2. Pelajari jenis noda

Banyak macam-macam jenis noda yang harus kamu pelajari, seperti noda minyak, oli, darah, luntur, tinta, dan lain-lain. Kamu harus menguasai semua jenis noda ini agar bisa menentukan cairan kimia mana yang digunakan untuk membersihkannya.

3. Pelajari teknik setrika

teknik setrika laundry

Setiap orang pasti bisa menyetrika, namun teknik menyetrika pada laundry tentu saja berbeda dengan teknik menyetrika rumah tangga. Teknik menyetrika di laundry harus lebih cepat daripada teknik setrika rumah tangga.

Apalagi jika kamu memutuskan untuk menggunakan setrika uap sebagai alat untuk menyetrika, maka kamu harus belajar lagi untuk menguasai mesin ini dan teknik setrika yang baik, benar, dan cepat untuk mengejar target penyelesaian orderan laundy.

Baca juga: Cara Aman Menjalankan Bisnis Laundry Di Masa Pandemi COVID-19

4. Hitung keperluan modal

Perhitungan modal adalah yang palng penting pada persiapan bisnis laundry, silahkan sesuaikan modal kamu dengan kebutuhan alat-alat, pegawai, dan hal-hal tak terduga.

Saran Kami, lengkapi keperluan yang penting dahulu untuk menjalankan bisnis laundry, hal lain bisa menyusul seiring berkembangnya usaha.

Pegawai juga sangat penting, karena menjalankan bisnis laundry sendirian akan sangat merepotkan. Alokasikan dana untuk bisa memberikan gaji pegawai 3 bulan kedepan.

persiapan-bisnis-laundry
Capek nyuci sendirian

5. Pelajari teknik pemasaran unik

Teknik pemasaran yang unik diperlukan agar bisnis laundry Kamu dikenal luas oleh masyarakat. Rugi diawal dalam pemasaran itu gak papa, karena untuk awal memulai bisnis laundry yang paling penting adalah orang-orang tahu bahwa bisnismu ada, setelah itu baru merap keuntunganl. Banyak cara yang dilakukan para pengusaha laundry, seperti memakai sosial media dengan konten yang menarik, banner yang lucu, gratis cuci untuk yang berulang tahun, membagikan voucher cuci gratis, dan lain-lain.

Pemasaran memang harus dipelajari terus agar bisnis semakin berkembang, jangan malu untuk terus belajar.

Itulah beberapa tips memulai persiapan bisnis laundry, semoga bisa menjadi gambaran untuk Kamu. Jika ada ide lain yang bisa Kamu tambahkan, silahkan tulis di kolom komentar. Wassalam

Tulis Komentar